Resep Onde-Onde Kacang Hijau Enak dan Sederhana

Resep Onde-onde merupakan salah satu jajanan tradisional khas jawa yang cukup populer dikalangan masyarakat Indonesia. Resep onde-onde kacang hijau ini sendiri terbuat dari campuran dari tepung beras dan tepung ketan yang diberi isian kacang hijau yang telah dilembutkan yang telah di beri tambahan gula. Onde-onde ini sangat mudah sekali untuk kita jumpai dimana- mana mulai dari pasar tradisional hingga supermarket.

Pada saat ini telah banyak bermunculan hasil kreasi dari resep onde-onde ini antara lain ialah resep resep onde-onde gula merah, resep onde-onde kering, resep onde-onde ketawa, resep onde-onde mini, meskipun demikian cukup rasa dari resep onde-onde kacang hijau tidak kalah enak.

Jika pada kali ini bunda sedang mencari resep onde-onde enak dan sederhana pada kali ini Resep Masakan Bagus akan berbagi Resep Onde-Onde Original atau yang basa disebut onde-onde isi kacang hijau kepada anda. Cara membuat onde-onde ini cukup mudah, dan bahan pembuatannya pun juga sangat mudah ditemui di pasar ataupun supermarket. Langsung saja ikuti tutorial di bawah ini dengan baik dan benar agar anda sukses untuk membuat resep onde-onde mudah dan sederhana.

Bahan Isian Onde-onde Kacang Hijau
  • 250 gram kacang hijau kupas
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 gam gula pasir
  • 1/4 sendok teh vanilli bubuk

Bahan Kulit Onde-onde Kacang Hijau
  • 500 gram tepung ketan
  • 75 gram tepung beras
  • 250 gram gula pasir
  • 150 mili liter air hangat
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh vanilla bubuk

Bahan Lainnya
  • Air dingin secukupnya
  • 200 gram wijen
  • minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat Onde-onde Kacang Hijau
  1. Cara membuat isian onde-onde kacang hijau : Cuci kacang hijau kupas hingga bersih dan kemudian rendam selama 4 hingga 5 jam.
  2. Kukus kacang hijau yang telah direndam tadi hingga empuk, kemudian selagi panas tumbuk hingga halus sambil ditambahkan gula, vanili dan garam kemudian aduk dan uleni hingga rata.
  3. Kacang hijau yang sudah diuleni tadi bentuk bulatan-bulatan kecil, sesuaikan dengan ukuran ukuran onde-onde yang ingin kita buat. kemudian sisihkan.
  4. Cara membuat kulit onde-onde kacang hijau : Campurkan tepung beras, tepung ketan, vanili dan garam, diaduk hingga rata.
  5. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, hentikan penambahan air jika adonan dianggap sudah kalis dan bisa dibentuk.
  6. Ambil 2 sendok makan adonan lalu pipihkan dan bikin cekungan ditengahnya, kemudian letakkan isian kacang ijo yang telah di buat sebelumnya, kemudian tutup adonan dan putar dengan telapak tangan hingga berbentuk bulat menyerupai bola.
  7. Cara menggoreng onde-onde kacang hijau : Ambil onde-onde setengah jadi tadi kemudian celupkan kedalam air dingin.
  8. Gulingkan onde-onde yang basah tersebut diatas piring yang berisi wijen, gulingkan hingga merata dan wijen menutupi permukannya, kemudian pinggirkan sejenak.
  9. Siapkan wajan dengan minyak yang telah dipanaskan, gunakan api sedang agar onde-onde tidak cepat gosong sebelum matang.
  10. Masukkan onde-onde siap goreng tersebut, dan goreng hingga berwarna kuning keemasan, dan usahkan jangan terlalu sering dibalik, agar wijen tidak rontok dan terlepas.
  11. Jika warna onde-onde sudah kecoklatan berarti tandanya sudah matang, lalu angkat dan tiriskan. 

Cukup demikian resep onde-onde kacang hijau sederhana dari kami, semoga resep jajanan sederhana ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih anda telah berkunjung Resep Masakan Bagus dan tunggu resep masakan enak lainnya dari kami lainnya, seperti Resep Onde-Onde Kacang Hijau.

Related Posts: