Resep Bakpao Kacang Ijo Enak dan Empuk

Resep Bakpao merupakan kue yang berasal dari Cina dan cukup popular di sana. Namun tidak hanya di negara Cina saja, kelezatan resep bakpao juga menyebar ke beberapa negara termasuk di Indonesia. Dahulu di negara asalnya Cina resep bakpao dibuat dengan isian daging babi. Tetapi mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam maka resep bakpao sedikit dimodifikasi dengan diberi isian daging ayam sebagai pengganti dari daging babi. Untuk dapat membuat resep bakpao isi daging ayam tersebut cara pembuatannya juga sama dengan membuat bakpao isi daging babi.

Mengikuti perkembangan masa resep bakpao juga megalami kemajuan dan memiliki berbagai varian bahan isian seperti resep bakpao isi kacang ijo. Sekarang ini cukup mudah untuk menemukan penjual bakpao kacang ijo mulai dari super market hingga di pinggir jalan. Pada kali ini Resep Masakan Bagus akan berbagi Resep Bakpao Kacang Ijo yang Enak kepada anda, cara membuat bakpao terbilang cukup sederhana namun dalam proses pembuatan bakpao kacang ijo ini sedikit membutuhkan akan waktu yang tidak sebentar.

Dan bahan utama untuk membuat bakpao kacang ijo cukup mudah didapatkan di sekitar kita, antara lain tepung terigu, kacang ijo sebagai isian dan bahan lainnya.Resep untuk kali ini akan membuat bakpao dengan isian kacang hijau yang terdapat di dalamnya. Selain kacang hijau, bakpao juga dapat diisi dengan isi coklat, dan daging ayam, dan kacang tanah, dan bahan lain-lain sesuai dengan selera anda.

Bahan Isian Resep Bakpao Kacang Ijo
  • 100 gram kacang hijau dan kulitnya di buang, rendam selama semalaman
  • 35 gram gula pasir
  • 50 mili liter santan
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/4 sendok teh vanili

Cara Membuat Isian Resep Bakpao Kacang Ijo
  1. Rendam kacang hijau selama semalam, dan buang kulitnya
  2. Siapkan kacang hijau dan serta daun pandan lalu kemudian anda rebus keduanya hingga sampai kacang hijau tersebut menjadi empuk.
  3. Masukkan santan dan beserta garam, dan vanilla bubuk, dan serta gula pasir. 
  4. Rebus kembali hingga airnya habis dan kacang sudah menggumpal, kemudian angkat dan tiriskan.

Bahan Membuat Resep Bakpao Kacang Ijo
  • 500 gram tepung terigu
  • 2 sendok teh ragi
  • 200 mili liter air
  • 500 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 40 gram mentega putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder

Cara Membuat Resep Bakpao Kacang Ijo
  1. Membuat bahan pertama: campurkan tepung terigu dan ragi serta air ke dalam wadah lalu kemudian aduk semuanya hingga adonanan tercampur rata. Jika sudah tercampur dengan rata lalu tutup adonan tersebut dengan menggunakan lap bersih dan kemudian diamkan hingga sampai adonan tersebut mengembang kurang lebih selama tiga jam.
  2. Membuat bahan yang kedua: campur tepung terigu, mentega, gula pasir, garam, baking powder, dan air pada satu wadah. Uleni dengan menggunakan tangan hingga semua bahan benar benar tercampur rata. Lalu kemudian masukkan adonan tersebut ke dalam adonan bahan pertama. Uleni lagi hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan. Lalu kemudian tutup adonan tersebut dengan menggunakan lap bersih yang sudah dibasahi sedikit. Dan diamkan selama 1 jam hingga adonan tersebut mengembang.
  3. Setelah adonan mengembang, lalau kemudian pukul-pukul dan uleni adonan kembali agar udara yang telah terdapat di dalam adonan tersebut terbuang.
  4. Lalu bentuk adonan menjadi bulatan yang besar dan timbang dengan berat 30 gram. Setelah itu pipihkan adonan. Isi adonan tersebut dengan kacang hijau yang sudah dibuat sebelumnya lalu bulatkan lagi dan biarkan selam dua puluh menit hinga adonan mengembang.
  5. Ulangi terus hingga sampai adonan dan isian habis.
  6. Kukus adonan bakpao tersebut yang sudah selesai ke dalam dandang. Lalu tutup dandang tersebut dengan menggunakan kain yang bersih agar supaya uap air tidak menetes.
  7. Kukus selama kurang lebih 15 menit hingga adonan tersebut matang dan juga mengembang. Lalu angkat dan sajikan.

Cukup demikian resep bakpao isi kacang ijo persembahan dari kami, semoga resep kue bakpao ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih telah berkunjung di Resep Masakan Bagus dan tunggu resep masakan enak lainnya dari kami seperti Resep Bakpao Kacang Ijo Enak dan Empuk.

Related Posts: